Senin, 19 Agustus 2013

Program Studi Geografi

Geografi adalah ilmu yang mempelajari segala aspek tentang fisik dan manusia di permukaan bumi, sehingga di dalamnya terdapat keterkaitan antara Ilmu Sains dan Ilmu Sosial. Dalam lingkup Universitas di Indonesia, Program Studi Geografi dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu Program Studi Geografi yang menghasilkan sarjana Sains atau Sosial dan Program Studi Pendidikan Geografi yang menghasilkan sarjana Pendidikan. Di Indonesia,  banyak sekali Universitas yang membuka Program Studi Pendidikan Geografi, seperti Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk Program Studi Geografi saat ini hanya terdapat 7 Universitas yang membuka Program Studi ini. Berikut ini adalah Universitas-Universitas yang memiliki Program Studi Geografi didalamnya dengan akreditasi A oleh Kemdiknas yang dikutip dari website masing-masing Universitas.

Universitas Gadjah Mada
Geografi dan Ilmu Lingkungan merupakan salah satu Prodi di Fakultas Geografi UGM dan berada di bawah asuhan Jurusan Geografi Lingkungan. Sebelumnya prodi ini merupakan merger dari tiga prodi (Geografi Manusia, Geografi Umum, Geografi Fisik Lingkungan). Berbeda dengan Program Studi Geografi di Universitas lainnya, di Geografi dan Ilmu Lingkungan UGM ini juga dipelajari tentang Ilmu Lingkungan dan Ilmu Lingkungan.

Gambar Gedung Geografi UGM

Kerjasama pendidikan yang dibangun di Prodi Geografi dan Ilmu Lingkungan UGM saat ini selain kerjasama dalam negeri juga sudah sampai pada kerjasama tingkat internasional (ITC Enschede; Cologne University, Jerman; Chiba University, Jepang dan University of Utrecht). Selanjutnya alumni Geografi dan Ilmu Lingkungan tersebar diberbagai instansi antara lain: Badan Pertanahan Nasional (BPN), Dinas Pekerjaan Umum (PU), Badan Koordinasi dan Survai Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL), Departemen Kehutanan, BAPPEDA, Badan Pusat Statistik (BPS), Depnakertrans, LIPI, BNPB, Dinas Kesehatan, dan Instansi yang lain. Swasta terkait geografi dan ilmu lingkungan adalah PT ENVICOM, PT Waindo Spec Terra, PT EXSA, ER MAPPER, ESRI, dan lain sebagainya.

Universitas Indonesia
Geografi atau Departemen Geografi merupakan salah satu Program Studi di Fakultas MIPA Universitas Indonesia. Departemen Geografi memiliki tiga kelompok bidang peminatan, yaitu Geografi Fisik, Perencanaan Wilayah serta Sistem Informasi Geografi (SIG) dan Penginderaan Jauh (PJ).. Untuk melaksanakan pendidikan, penelitian dan pelayanan.

Gambar Gedung Geografi UI

Departemen Geografi mempunyai 3 Laboratorium dan sarana penunjang lainnya yaitu: 1) Laboratorium SIG dan Penginderaan Jauh, 2) Laboratorium Geografi Fisik, 3) Laboratorium Pengembangan Wilayah. Sarana penunjang yang ada adalah perpustakaan yang memiliki 10.000 buku serta perpustakaan peta yang memiliki koleksi peta-peta topografi dan rupa bumi seluruh Indonesia baik dalam bentuk hard copy maupun digital.

Universitas Negeri Semarang
Program Studi Geografi merupakan salah satu prodi di bawah naungan jurusan geografi FIS UNNES, yang menghasilkan sarjana sain dengan gelar S. Si, Prodi Geografi berdiri pada 20 September 2001 setelah mendapatkan persetujuan perluasan mandat dari DIKTI dengan surat No. 3075/D/T/97, tanggal 2 Desember 1997.

Gambar Gedung Geografi Unnes

Prodi Geografi memfokuskan pada lulusan yang kompeten di bidang geografi khususnya dalam bidang perencanaan wilayah dan informasi geospasial (Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis) yang berbasis konservasi. Keunggulan utama prodi geografi adalah peluang kerja yang besar, karena kebutuhan lapangan kerja lebih besar dari pada lulusan geografi yang dihasilkan.

Universitas Muhammadiyah Surakarta
Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta berdiri pada tahun 1983/1984 dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga ahli dalam bidang Ilmu Geografi yang berbasiskan pendekatan keruangan, lingkungan, dan kompleks wilayah.

Gambar Gedung Geografi UMS

Kompetensi keilmuan Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta telah diakui sebagaimana dapat dilihat pada perkembangan status penyelenggaraan kegiatan akademis. Pada tahun 1993, Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta telah diakui status penyelenggaraan kegiatan akademis dengan status Disamakan. Dengan status ini maka Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta berhak menyelenggarakan kegiatan pendidikan dengan kepercayaan penuh dari perencanaan hingga evaluasi kegiatan belajar mengajar secara mandiri.Pengakuan terhadap kompetensi Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta dibakukan dengan status Terakreditasi mulai Tahun 1998.

2 komentar:

  1. kak, saya kls 12 ipa. sangat minat dgn geografi. geografi ugm, apa saja yg dipelajari. materi dasar apa yg harus saya kuasai?

    BalasHapus