Minggu, 15 Juli 2012

Program Studi Teknik Sipil


Di Indonesia ini ada banyak sekali Universitas membuka Program Studi Teknik Sipil di dalamnya, seperti ITB, ITS, UGM, UNS, ataupun universitas swasta seperti UII, UMY, UAJY dan lain sebagainya. Dalam teknik sipil, terdapat banyak ilmu yang dipelajari dan ilmunya pun sangat luas. Dilihat dari nama Teknik saja pasti di dalamnya tidak lepas dari hitung-hitungan matematika dan fisika, sehingga diperlukan keahlian khusus dalam bidang ini. Untuk fokus materi yang dipelajari, yaitu struktur konstruksi, managemen konstruksi, transportasi, hidrologi, dan masih banyak lainnya karena setiap Universitas memiliki fokus materi yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa informasi mengenai Program Studi Teknik Sipil di beberapa Universitas di Indonesia.

Kampus FTSP ITB

Di ITB Bandung, sistem penentuan Jurusan atau Program Studi ditentukan bukan berdasarkan minat. Pada semester pertama semua mahasiswa akan dijadikan satu di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, yang di dalamnya terdapat Prodi Teknik Sipil, Lingkungan, dan Arsitektur, Sehingga, pihak Universitas-lah yang akan menentukan Prodi untuk mahasiswanya sesuai nilai IP yang diperoleh.

Kampus FTSP ITS

Di ITS Surabaya, Teknik Sipil masuk dalam Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan sama seperti ITB, tetapi di ITS ini mahasiswa langsung dibedakan sesuai Jurusan atau Program Studi masing-masing. Untuk biaya, sama seperti Universitas Negeri lainnya, biaya jalur reguler ditentukan berdasarkan kemampuan orang tua, sedangkan jalur mandiri di ITS ini termasuk mahal dan kabarnya sampai puluhan juta.

Kampus Teknik Sipil UGM

Di UGM Yogyakarta, berbeda dengan ITS dan ITB. Teknik Sipil disini masuk dalam Fakultas Teknik. Sama seperti di Universitas Negeri lainnya, biaya kuliah di sini juga ditentukan oleh kemampuan orang tua untuk semua jalur masuk PTN.

Kampus FTSP UNS

Di UNS Solo, Teknik Sipil masuk ke dalam Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Dilihat dari segi biaya, Teknik Sipil di UNS ini dapat dikatakan memiliki biaya yang lebih murah daripada Universitas Negeri lainnya.

Kampus FTSP UII

Di UII Yogyakarta, Teknik Sipil termasuk dalam Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, sama seperti ITB, UNS, dan ITS. Untuk mata kuliahnya, sama seperti Prodi Teknik Sipil di Universitas lainnya, tetapi karena Universitas ini berlabel islam, maka mata kuliah agama wajib ada di dalamnya.

Kesimpulannya dilihat dari aspek mata kuliah, rata-rata semua Universitas sama dan terdapat beberapa nama mata kuliah yang berbeda. Untuk masalah biaya, Universitas Negeri atau Swasta hampir tidak berbeda jauh, dengan rentang perbedaan satu hingga dua juta rupiah.

Berikut daftar universitas di Indonesia yang prodi Teknik Sipil-nya sudah terakreditasi A, baik negeri maupun swasta yang diambil dari sumber http://ban-pt.kemdiknas.go.id
1. ITB Bandung
2. ITS Surabaya
3. UGM Yogyakarta
4. UAJY Yogyakarta
5. UNS Surakarta
6. UNDIP Semarang
7. UNHAS Makassar
8. UI Jakarta
9. UII Yogyakarta
10. UNISSULA Semarang
12. UNPAR Bandung
13. UNILA Lampung
14. UNSRI Palembang
15. UNSYIAH Aceh
16. UNTAR Jakarta
17. TRISAKTI Jakarta

1 komentar:

  1. tjiee tjiee blog baru isinya penggalauan tjiee :p
    keep blogging kakak :D

    BalasHapus