Minggu, 15 Juli 2012

Pemetaan dan Sistem Informasi Geografi

Pemetaan dan Sistem Informasi Geografi (SIG) merupakan salah satu ilmu yang sangat bermanfaat dalam dunia pendidikan, sosial, dan bahkan untuk konstruksi sekalipun. Ilmu ini dipelajari pada tingkat universitas dan dimasukan sebagai salah satu mata kuliah untuk jurusan tertentu. Jurusan yang mempelajari Pemetaan dan Sistem Informasi Geografi ini diantaranya adalah Teknik Sipil ( Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ) dan Kartografi dan Penginderaan Jauh ( Fakultas Geografi ). Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai Pemetaan dan Sistem Informasi Geografi dilihat dari sisi teknik sipil.


Jurusan teknik sipil, tak hanya mempelajari mengenai konstruksi bangunan atau jalan saja, di dalamnya tentu terdapat banyak ilmu lain yang berkaitan dengan ilmu sipil, diantaranya adalah ilmu Pemetaan dan Sistem Informasi Geografi ini. Salah satu fungsi ilmu ini dalam dunia Teknik Sipil (konstruksi) adalah sebagai acuan saat melakukan pembangunan gedung, dimana ilmu pemetaan digunakan sebagai patokan untuk meletakan posisi suatu gedung atau bangunan. Selain itu ilmu pemetaan juga dapat digunakan untuk menentukan tinggi rendah suatu lokasi yang akan dibuat jalan, pengukuran kontur suatu lahan, serta dapat membantu dalam pembuatan saluran air.

Alat alat utama yang digunakan dalam pemetaan diantaranya adalah theodolith, waterpasss, tripod, dan alat-alat lainnya yang mendukung dalam pemetaan. Sedangkan untuk jenis penggunaan atau penerapan ilmu dalam Pemetaan dan Sistem Informasi Geografi adalah penimbunan dan penggalian lahan untuk jalan, pengukuran suatu kontur area menggunakan theodolith, dan setting out bangunan. Berikut ini adalah hasil praktikum mata kuliah Pemetaan dan Sistem Informasi Geografi di Teknik Sipil Universitas Islam Indonesia pada tahun 2012.

Download Laporan Pemetaan dan Sistem Informasi Geografi disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar